Bloginterview

,,,Bloginterview: Maya The “Misswhadevr”

Bulan Oktober sebagai Bulan Breast Cancer Awareness Month ini, rasanya adalah moment yang pas untuk menagih janji jawaban atas segmen Bloginterview di blog ini kepada Maya, blogger www.misswhadevr.blogspot.com. Baru-baru ini, Maya didaulat sebagai salah satu Blogger Ambassador untuk kampanye Breast Cancer Awareness mewakili para Blogger. Tulisan di Blognya memang menyentuh dan akan membuat kita, para pembaca, berujar dalam hati: Penulis ini tahu bagaimana menuliskan isi hati dan kepalanya! 😉

Image

Apa yang menginspirasi Maya untuk blogging?

Ketika kecil saya ngga pernah punya diary yang diisi lebih dari 3 hari, tapi saya senang menulis cerita dan bikin komik. Cerita dan komik itu sebenarnya kisah saya dan teman-teman yang diceritakan dalam tokoh lain. Namun sejak mulai mengenai blog, saya merasa nyaman untuk menjadi diri sendiri saat bercerita. Bercerita di blog membuat ketagihan, karena kita bisa cerita apapun seperti bicara pada diri sendiri. Saya pernah 2-3 kali pindah blog sebelum akhirnya settle di bawah bendera Misswhadevr 5 tahun belakangan ini.

Darimanakah asal nama “Misswhadevr”?

Bisa dibilang nama itu seperti wangsit yang turun dari langit. Saya ngga pernah berkeinginan untuk menggunakan nama asli di cyberworld, apalagi nama panjang saya (JRM) yang mungkin “the one and only” di dunia ini. Jadi suatu hari saya memikirkan sebuah nama, dan keluarlah nama “Miss Whatever” yang sayangnya, unavaiable karena udah ada yang menggunakan. Akhirnya saya modifikasi saja penulisannya.

Maya selalu terkesan menulis dari hati yang paling dalam. Apakah dalam kehidupan nyata Maya senang mengungkapkan isi hati seperti yang tertulis di blog?

Not really.. Saya agak malas untuk berbicara mengenai kata hati atau pikiran saya secara langsung. Komunikasi sosial saya bagus dan saya senang sekali mengoceh, tetapi saya kurang suka jika semua perhatian tertuju pada saya untuk mendengarkan isi kepala atau hati saya. Saya sangat nyaman menyampaikan segala sesuatunya dalam tulisan.

Bagaimana Maya menilai blog Maya sendiri?

Inconsistent dan butuh jati diri 😛 Banyak PR yang harus dikerjakan untuk blog ini, tapi effortnya terlalu banyak karena sekarang sudah hampir 500 post sejak tahun 2005.

Apakah sulit untuk me-maintain sebuah blog?

Kalau dalam update blog entrynya, saya tidak punya obligasi pada siapapun untuk selalu mengupdate, jadi ya tidak sulit 😛 Yang agak sulit adalah melindungi kepentingan beberapa pihak yang namanya tidak perlu saya sebut saat menulis.

Kapankan Maya merasa “Oh! This is the right time to post a blog!”?

Di saat kepala sedang panas-panasnya, atau hati sedang sakit-sakitnya, atau saat semua itu sudah reda dan kita bisa berfikir jernih lagi. Yang jelas bukan saat “galau”. Menulis adalah sebuah terapi, tapi menuliskan “kegalauan” itu ngga akan membuahkan hasil, harus didefinisikan galaunya itu marah, sedih, kecewa, khawatir, atau kombinasi semuanya, sehingga kita bisa nulis dengan jelas. Mostly, ngeblog paling lancar adalah malam hari, karena saya tidak suka memecah fokus kerja dengan nge-blog atau blogwalking.

Bagaimana komentar pembaca tentang blog Maya?

Orang-orang yang saya kenal sih selalu menunggu update karena mereka pasti menyerah kalau menunggu saya mau cerita verbally. Saya berkenalan dengan beberapa blog readers yang mengirim saya email, tapi belum pernah saya tanyakan bagaimana komentar tentang blog saya 😀

Apakah pernah mendapatkan “Hate Comments”? Bagaimana rasanya?

Dulu ada, satu atau dua kali. Mereka mengomentari saya yang dinilai sombong karena menulis dengan bahasa Inggris. “Jleb” juga sih pertama kali 😛 Saya tanggapi saja dengan ucapan terima kasih. Setelah itu setiap comment harus saya approve dulu, karena suka ada yang comment di entry beberapa tahun lalu yang sudah tidak saya tengok.

Meskipun sering meng-upload foto, Misswhadevr bukan blog yang banyak mempostingkan foto-foto aktivitas keseharian. Apakah ada pertimbangan tertentu?

Yup. Saya tidak terlalu senang di foto 😛

Bagaimanakah visi masa depan Maya tentang blog ini?

Saya hanya berharap bisa menulis journal terus, entah di bawah bendera Misswhadevr atau bendera lain. Yang jelas dipengenin banget sebenarnya layout yang completely baru dengan identitas yang gue banget! Saya maunya sih setiap entry didampingi oleh foto yang saya buat sendiri.

Selain blog, social networking apa yang Maya gunakan?

Yang masih aktif adalah Twitter. Saya punya Path, tetapi sudah beberapa bulan inactive karena saya belum melihat kegunaannya. Facebook masih saya gunakan untuk mengupload foto event-event.

Adakah tips and tricks untuk para Blogger?

Nope. Saya hanya ingin mengingatkan, bahwa blog adalah media yang menganut kebebasan bicara, yaitu hak yang diinginkan bangsa Indonesia seperti di Amerika. Kita bisa nulis dan berkomentar apapun di blog, tapi yang harus jadi perhatian adalah saat kita berkunjung ke “rumah” orang, kita harus tetap sopan dan santun. 🙂

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s