Daily Journal · Ellie

,,,ellie’s crayola

Semuanya berawal ketika Kevin lagi gambar2 di lantai sambil telungkup. Kevin punya Washable Triangular Crayola yang dia suka banget. Ellie datang sambil merangkak, kemudian dia merhatiin Kevin sambil nungging. Nggak lama kemudian Ellie juga pengen gambar2, dia merangkak ke arah Ade dan nunjuk2 Kevin. Kevin yang nyadar adiknya pingin ikutan gambar langsung ngajak Ellie, “C’mere Ellie!

Tapi karena Ellie lagi teething, Aidil khawatir kalau Ellie bakal gigit Crayolanya Kevin. Kevin yang dari kecil kayaknya udah OCD ini (ketularan bapaknyaaa…) nggak mau barangnya rusak. Bisa2 dia minta dibeliin Crayola baru, seperti yang dulu pernah kejadian. Ade sempet nggak bolehin Ellie, dia gendong Ellie jalan2 di rumah sambil kasih boneka kesukaannya, tapi Ellie nggak tertarik, dia mau gambar2 juga sama abangnya. Akhirnya… semalam Ellie ngejerit, trus nangis…

Kejadiannya pas saya lagi nyiapin makanan malam di dapur sekitar jam 17:45. Pas Ade cerita ke saya yang lagi beresin meja, akhirnya saya dan Ade sepakat untuk bolehin Ellie gambar. Sambil kita makan malam, Ellie duduk di high chairnya, saya kasih coloring books bekas Kevin, lalu 1 Crayola bekas Kevin juga (dulu Crayolanya patah dan Kevin nggak mau pakai lagi, dia mau yang baru… hix! Untungnya pas second purchase itu lagi ada sale 15%).

Disaster banget lho… Dia gores2in Crayola ke bukunya kayak anak marah, tapi dia seneng… Trus ketawa, gores2in lagi. Semakin lama, makin keluar buku coret2nya, mulai deh high chairnya dicoret. Papinya rewel banget, setiap dia coret high chairnya, suami saya langsung pindahin tangannya ke atas buku lagi. Padahal kata saya biarin aja, kalau suami saya malas bersihin mejanya, saya yang in charge, sementara suami saya yang full nemenin anak2 sampai tidur hehe…

Suami saya punya keponakan kembar dari sepupunya. Pas seumuran Ellie mereka udah bisa gambar. Ayahnya si kembar memang suka bawa pulang kerjaannya nge-arsitek ke rumah, jadi sejak mereka bayi mereka selalu pengen gambar2 seperti ayahnya. Bagusnya, orang tua si kembar nggak pernah ngelarang anaknya ini-itu, tapi malah di fasilitasin. Jadi pas seumuran Ellie (atau lebih tua dikit) mereka udah bisa menggambar dari satu titik, ke titik yang sama (seperti bikin bentuk kotak, lingkaran… meski peot2 banget 🙂 )

Ada bagusnya memfasilitasi dan melarang. Dilarang juga nggak apa2, toh Ellie kan belum umurnya juga buat gambar2. Tapi difasilitasin juga bagus untuk perkembangan anak dan memupuk bakat; cuman memang butuh waktu dan usaha ekstra untuk keep an eye terus2an 😉

Saya, berlatar belakang Psikologi, pengen coba2 analisa coretannya Ellie. Alih2 baca koran, pas tadi sarapan saya jadi sibuk mengunyah dan minum sambil merhatiin coretannya Ellie. Suami saya sampai nyeletuk, “Put it (the coloring book) down, Babe… She’s a baby!” (jadi maksudnya “Don’t take it seriously, gambar apa sih yang kamu harapkan dari bayi seumuran Ellie?”) But I cannot dong, siapa tau ada gambar kotak, lingkaran, atau bintang di coretan ini semua *ngimpi* 😀 Tapi ternyata nggak ada, ya kalau ada pun kebetulan 😛

Melihat cara Ellie menggenggam Crayolanya semalam, trus dari hasil coretan dia yang dalem (ditekan banget pas coret), I’m pretty sure, Ellie punya tenaga yang kuat. Itu mengkonfirm kenapa dari bayi kalau nangis kenceng banget, kalau menjambak rambut saya juga susah ngelepasinnya, atau kalau ngulet kaki & tangannya sampai fully strecthed, bahkan abangnya pernah dicakar sampai berdarah. Betul juga sih kalau Ellie punya id yang bikin saya dan Ade susah untuk nge-handlenya. Berarti akhirnya saya dan Ade yang harus punya usaha ekstra jangan sampai id-nya Ellie berlanjut terus2an.

Semoga Ellie puas menggambar semalam ya… Ellie pinter, mami dan papi bangga sama Ellie. Kalau udah umurnya dan Ellie makin pinter, nanti mami-papi beliin Crayola juga, jadi Ellie bisa menggambar sama abang.

One thought on “,,,ellie’s crayola

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s